VPS Windows Indonesia dan Fungsi Utamanya

Fungsi Utama VPS

Bagi para pengelola website atau hosting, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah VPS (Virtual Private Server). VPS ini adalah sebuah server virtual yang berjalan dibawah sebuah server induk. Server induk ini bisa membagi resource ke beberapa server lainnya dan bisa bekerja secara mandiri tanpa mengganggu satu sama lain.

VPS Windows Indonesia adalah jenis yang paling sering digunakan, karena VPS banyak sekali sistem operasinya. Mulai dari Linux hingga windows.

Baca Juga : Apa Itu VPS ( Virtual Private Server )

VPS bukanlah server fisik atau nyata, melainkan hanyalah sebuah benda virtual atau tidak nyata. Seperti yang tadi sudah dikatakan, bahwa VPS juga memiliki sistem operasi layaknya server fisik. Di dalamnya Anda juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan seperti yang Anda lakukan pada server fisik.
VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah mesin virtual yang berjalan di dalam sebuah server. Mesin virtual ini memungkinkan anda untuk membagi resource sebuah server ke dalam beberapa server yang berjalan secara mandiri, tanpa saling mempengaruhi.

Berbeda dengan shared hosting, VPS memiliki akses penuh terhadap root sama halnya dengan dedicated server untuk mengelola konfigurasinya. VPS memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan dedicated server, diantaranya adalah dari segi harga.

VPS Windows Indonesia harganya lebih murah dibandingkan dedicated server meskipun VPS bisa melakukan apa yang dilakukan dadicated server. Dengan demikian VPS memiliki akses untuk mengatur harddisk, prosesor, memory, bandwidth, dan sebagainya.

Tadi penulis sempat menyebutkan VPS Windows Indonesia. Apa maksudnya? Sebenarnya ini adalah bagian dari contoh. Ini berarti server VPS ada di Indonesia dan menggunakan sistem operasi Windwos.

Lalu untuk apa sih VPS itu?

Membuat Web Hosting

VPS ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis web hosting, tetapi memiliki modal yang terbatas. Nah, dengan VPS ini Anda bisa memulai bisnis web hosting Anda dengan tetap mendapatkan jaminan kualitas. Yang Anda butuhkan adalah menginstal WHM atau Kloxo (jika Anda ingin yang gratis), setelah itu Anda variasikan paket-paketnya.

Baca Juga :  4 Trik Jitu Memilih VPS Termurah

Membuat Application Server

Dengan menggunakan VPS, Anda bisa membuat sebuah layanan khusus yang membutuhkan instalasi aplikasi atau software tertentu. Misalnya software yang digunakan untuk VPN, Proxy, Tunnel, SMS Gateway, Game Online, Trading, dan sebagainya.

Membuat Mail Server

Penyedia layanan shared hosting pasti akan membatasi kuota pengiriman email setiap user atau penggunanya. Nah, VPS adalah solusi tepat bagi Anda yang tidak ingin dibatasi seperti itu. Dengan menggunakan layanan VPS Murah, Anda bisa mengirimkan ribuan email secara serentak. Misalnya digunakan untuk mengirim newsletter, dan sebagainya. Akan tetapi risiko blacklist IP tentu saja ditanggung oleh diri Anda sendiri.

Server Bagi Website yang Butuh Performa Tinggi

Bagi Anda yang ingin menggunakan VPS dengan lebih mudah, gunakanlah VPS Windows Indonesia. Dibandingkan dengan sistem operasi lain, Windows lebih mudah digunakan meskipun harganya lebih mahal. Kembali ke pembahasan poin keempat ini, VPS sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki situs yang memang membutuhkan spesifikasi tinggi, tetapi budget terbatas.

Menjadi Server Backup

VPS cukup menjamin keamanan data Anda, karena VPS juga menyediakan backup server, akan tetapi backup server harus terpisah dengan server induk agar bisa mengurangi risiko apabila server induk sedang mengalami gangguan.

Jadi itu tadi adalah penjelasan tentang VPS Windows Indonesia dan beberapa fungsi utamanya. Di sini kita ketahui juga bahwa ternyata VPS memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan dedicated server ataupun shared hosting.

Nah, itu tadi adalah Artikel dari Pakar SEO Tentang Inilah Fungsi Utama VPS. Semoga Artikel Review Inilah Fungsi Utama VPS Ini bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten