Mengenal Harga VPS dan Keunggulannya

Mengenal Harga VPS dan Keunggulannya

VPS (Virtual Private Server) merupakan phsical server atau server fisik yang dibagi lagi menjadi beberapa server virtual atau tidak nyata. Nah, nantinya VPS ini bekerja dengan sendirinya dengan sistem operasi persis dengan jaringan sistem yang sebenarnya, lengkap dengan penggunaan script, user, filesystem, dan sebagainya. Harga VPS bervariasi, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Tergantung dari kecanggihan spesifikasi VPS tersebut.

Lalu bagaimana cara kerja VPS?

VPS ini bekerja sendiri layaknya sebuah server. Namun bedanya, VPS ini adalah bagian dari induk server yang nyata dan sedangkan VPS sifatnya virtual. Akan tetapi, kinerja VPS ini tidak dipengaruhi oleh induk server. Jadi misalnya induk server di-reebot, VPS tidak akan ikut me-reboot.
Setiap VPS memiliki alamat IP yang berbeda satu sama lain, selain itu ada juga port number, tables, filtering, dan routing rules masing-masing.

Keunggulan VPS Hosting

Setiap VPS bisa melakukan hal-hal yang bisa dilakukan di server fisik, misalnya delete, add, modify, copy, paste, menginstal software, dan sebagainya.

Baca Juga : VPS Windows Indonesia dan Fungsi

Tadi dikatakan bahwa VPS tidak akan terpengaruh dengan induk server. Selain itu VPS satu dan yang lain juga tidak akan saling mempengaruhi karena setiap VPS letaknya terpisah. Server yang digunakan sebagai induk server VPS biasanya adalah server yang memiliki sumber daya atau resources yang besar.

Setiap induk server menyediakan paket layanan yang berbeda-beda berdasarkan spesifikasinya. Semakin besar spesifikasi atau kecanggihan dari VPS tersebut, harga VPS juga akan semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. VPS dinilai memiliki kelebihan dibandingkan dengan dedicated server ataupun shared hosting.

Apa saja kelebihan VPS dibandingkan dedicated server?

1. Harga: VPS bisa digunakan layaknya dedicated server, akan tetapi harga VPS lebih terjangkau dibandingkan dengan dedicated server.

2. Integritas data: Layanan VPS memberikan fasilitas incremental back-up yang sudah built-in pada array RAID 5 yang memastikan integritas data Anda.

Baca Juga :  Mau Sewa VPS? Baca Dulu 5 Tips ini

3. Management: Dengan menggunakan layanan VPS, Anda bisa mengelola semua aspek yang ada di dalamnya, mulai dari upgrade hingga patching software. Anda juga tidak perlu khawatir dengan update paket Anda, karena sudah dikelola oleh pihak penyedia layanan VPS.

4. Resource Efficient: Resources yang Anda butuhkan pada VPS bisa diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.
Nah, selain dengan dedicated server, VPS juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan shared hosting. Berikut adalah beberapa kelebihan VPS dibandingkan dengan shared hosting:

a. Kontrol: VPS lebih memberikan kebebasan bagi Anda untuk mengakses root system. Hal ini bisa membuat Anda bisa memodifikasi atau mengatur konfigurasi file server, menginstal aplikasi atau mengubah sistem sebuah software. Tentu saja semua ini tidak bisa dilakukan jika Anda menggunakan shared hosting. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa harga VPS lebih mahal.

b. Keamanan: Keamanan VPS lebih terjamin karena file system VPS hanya bisa diakses oleh pemiliknya saja. Berbeda dengan shared hosting, seseorang masih bisa mengakses shared file Anda, kecuali jika shell access sudah Anda tutup.

c. Performa: Jika Anda menggunakan shared hosting, akun besar bisa mengambil semua resource dan membuat performance server memburuk. Sedangkan jika Anda menggunakan layanan VPS, Anda tidak akan mengalami hal ini dan website atau blog Anda akan tetap bisa diakses dengan kecepatan penuuh.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan resource management yang bisa membuat VPS lain tidak mempengaruhi performa website atau blog Anda.

Nah, itu tadi adalah Artikel dari Pakar SEO Tentang Mengenal Harga VPS dan Keunggulannya. Semoga Artikel Review Mengenal Harga VPS Murah dan Keunggulannya Ini bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten