Apa itu VPS (Virtual Private Server)? ini Jawabannya

Apa Itu VPS?

Apa itu VPS? VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server yang berjalan menggunakan Sistem Operasi dari server atau penyedia layanan VPS layaknya PC yang kita miliki. VPS digunakan untuk menyimpan data dan bisa juga menjadi pengganti PC kita.

Jadi seolah-olah kita bisa “membawa” PC kita kemanapun kita pergi asalkan ada koneksi internet. Biasanya layanan VPS mengharuskan Kita membayar setiap bulan atau setiap tahunnya. Masih belum paham? Ok, penulis akan jelaskan dengan bahasa yang lebih mudah lagi.
Apa itu VPS?

Virtual Private Server

VPS adalah sebuah komputer yang kita miliki dengan cara berlangganan, tetapi letaknya bukan ada di rumah kita. Jadi, komputer ini bukanlah sebuah benda nyata, melainkan hanya benda virtual. Nantinya kita bisa mengakses komputer ini dimanapun dan kapanpun kita mau asalkan ada koneksi internet.

Apa Fungsi VPS?

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, VPS berkerja dengan Sistem Operasi, sama seperti komputer pada umumnya. Kita juga bisa menginstal software di VPS atau menyimpan data. Secara umum VPS atau Virtual Private Server fungsinya adalah untuk cloud computing, software bot, dan biasanya juga digunakan untuk menjalankan software robot forex.

VPS digunakan untu web hosting. Kalau istilah web hosting pasti sudah tidak asing lagi, kan? Web hosting adalah server yang digunakan oleh para pebisnis online dalam menjalankan usahanya. Meskipun letaknya di internet, tetapi server ini sifatnya pribadi. Sesuai dengan namanya Virtual Private Server, jadi server ini tidak bisa diakses sembarang orang.

Baca Juga : Tips Memilih VPS Indonesia

Jadi, bagi Kita para pebisnis online, Kita tidak perlu lagi 24 jam mengawasi bisnis Kita. Software atau program yang berjalan di VPS akan secara otomatis memantau atau mengawasi bisnis Kita.
Sekarang sudah jelas, kan? Jadi, jika komputer kita biasanya harus dimatikan agar tidak boros listrik, VPS bisa terus aktif selama 24 jam non stop. Sehingga program-program yang dijalankan di VPS pun bisa terus berjalan tanpa henti, dengan catatan Kita masih berlangganan atau VPS Kita belum kadaluarsa.

Baca Juga :  VPS Windows Indonesia dan Fungsi Utamanya

Sama seperti komputer atau PC pada umumnya, VPS juga memiliki spesifikasi. Dan spesifikasinya juga beragam, mulai dari memory, storage, prosesor, sistem operasi, dan sebagainya. VPS ini biasanya diakses melalui Remote Desktop Connection di PC kita. Software atau program ini biasanya sudah tersedia di sistem operasi Windows.

Akan tetapi, kita membutuhkan kecepatan internet yang memadai untuk bisa mengakses VPS dengan cepat. Jika koneksi internet kita lambat, tentu saja proses VPS akan lambat juga.
Sampai di sini apakah Kita sudah semakin paham apa itu VPS? Semoga sudah, ya. Nah, VPS sama seperti komputer pada umumnya yang juga harus dirawat. Para penyedia layanan VPS biasanya akan menyediakan juga layanan upgrade Sistem Operasi, RAM, dan sebagainya. Namun biasanya untuk mendapatkan layanan ini biayanya agak mahal.

Apakah menggunakan layanan VPS itu boros?

Banyak yang berpikiran bahwa ketika kita menggunakan layanan VPS maka harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menjalankan bisnis atau usaha online yang tengah kita jalankan. Pada kenyataannya tidak begitu, karena nantinya VPS akan menyesuaikan kebutuhan kita.
Sekian artikel tentang apa itu VPS, semoga setelah membaca artikel ini Kita akan paham tentang VPS  Murah atau Virtual Private Server. Jadi kesimpulannya adalah, VPS merupakan server yang paling tepat digunakan bagi Kita yang menggeluti dunia bisnis online.

Nah, itu tadi adalah Artikel dari Pakar SEO Tentang Apa itu VPS (Virtual Private Server). Semoga Artikel Review Ini bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten