Jual VPS dan Apa Perbedaannya Dengan Shared Hosting

Perbedaan VPS dan Shared Hosting

Bagi para pengelola website ataupun para pelaku bisnis online yang menggunakan media website atau blog, hosting adalah salah satu hal terpenting yang bisa menunjang kesuksesan situs Anda. Dan untuk saat ini, VPS atau Virtual Private Server sedang naik daun dan banyak yang jual VPS.

Server VPS HostingApa itu VPS? Sesuai dengan kepanjangannya, VPS adalah sebuah server atau komputer yang privat dan sifatnya virtual atau tidak terlihat. Fungsi VPS juga sama seperti komputer, bisa untuk menyimpan data, menginstal software atau aplikasi, sekaligus menjalankan software tersebut.
Saat ini sudah banyak para pengelola website ataupun blog yang sudah berbondong-bondong pindah dari shared hosting ke VPS, karena VPS dinilai lebih fleksibel dibandingkan dengan shared hosting. Nah, oleh karena sekarang ini sudah banyak sekali situs-situs yang jual VPS, Anda harus bisa memilih VPS yang benar-benar pas dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Sebelumnya mari kita ketahui apa perbedaan dari VPS (Virtual Private Server) dengan Shared Hosting. Shared hosting bisa diibaratkan seperti sebuah kamar kos. Anda bisa menyewa satu kamar dan kamarnya pasti bersebelahan dengan kamar milik orang lain.

Baca Juga : Review VPS IIX

Nah, di situ Anda pasti diharuskan untuk membayar uang sewa kamar dan bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada kamar (hosting). Setiap kamar (hosting) memiliki standar atau fasilitas yang sama satu sama lain.

Perbedaannya mungkin hanya sedikit saja. Model penyewaan shared hosting ini sudah cukup populer dan memang biasanya lebih dipilih oleh para pemula karena biaya sewanya jauh lebih murah ketimbang layanan VPS. Perbedaannya adalah, layanan shared hosting ini hanya ideal atau cocok digunakan bagi situs-situs yang jumlah visitor atau pengunjungnya tidak terlalu banyak.

Lalu apa kelebihan dari layanan shared hosting?

Kelebihan dari layanan shared hosting ini adalah harganya yang sangat terjangkau, sebagai pemula Anda juga tidak terlalu membutuhkan pengetahuan ekstra tentang pengelolaan hostingnya karena semuanya bisa diset di control panel, instalasi web script-nya pun mudah dilakukan.

Baca Juga :  Desain Interior Rumah

Adapun kekurangan dari layanan shared hosting murah adalah keterbatasan sumber daya mulai dari RAM, CPU, bandwidth, dan sebagainya. Selain itu, kinerja dari situs yang Anda kelola juga sangat dipengaruhi oleh server utama sared hosting.

Lalu bagaimana dengan VPS (Virtual Private Server)?

Saat ini banyak sekali yang jual VPS karena VPS dinilai memiliki lebih banyak keunggulan dibanding shared hosting. Dengan menggunakan layanan VPS, Anda bisa mengelola seluruh aspek teknis server. Dan VPS ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki situs dengan pengunjung yang jumlahnya banyak.

Apa kelebihan menggunakan VPS?

Berbeda dengan shared hosting, VPS memiliki sumber daya yang lebih besar. Bandwith juga lebih banyak, sehingga Anda bisa “merumahkan” beberapa situs Anda dalam satu VPS.
Sedangkan kekurang dari VPS adalah, Anda wajib mengetahui pengetahuan tentang tata cara pengelolaan server. Selain itu, biaya harga jual VPS juga biasanya lebih mahal ketimbang shared hosting. Jadi, Anda harus bersiap-siap merogoh kocek lebih dalam lagi.

Jadi di sini bisa kita ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari VPS dan shared hosting. Perbedaan keduanya mencakup tiga aspek. Yaitu perbedaan sumber dayanya (resource), keamanan dan platformnya. So, sekarang apakah Anda sudah memilih akan menggunakan shared hosting yang notabene lebih murah, atau VPS yang lebih mahal tetapi memiliki beberapa kelebihan ketimbang shared hosting? Pilihan ada di tangan Anda.

Nah, itu tadi adalah Artikel dari Kami, Jasa SEO Tentang Jual VPS dan Apa Perbedaannya Dengan Shared Hosting. Semoga Artikel Review Jual VPS dan Apa Perbedaannya Dengan Shared Hosting Ini bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten