Pengertian Database Server dan Macam Macam Program Aplikasi-nya 5/5 (1)

Pengertian Database Server dan Macam Macam Program Aplikasi-nya

Apa pengertian database server? Database server berasal dari kata database dan server. Database sendiri merupakan sebuah susunan record setiap data operasional secara lengkap yang berasal dari perusahaan atau sebuah organisasi, yang disimpan maupun diorganisir dengan terintegrasi memakai metode tertentu, maka bisa memenuhi setiap informasi secara optimal sesuai kebutuhan para penggunanya.

Client Server

Database juga bisa diartikan sebagai kumpulan beragam informasi pada komputer yang disimpan berdasarkan sistematik, sehingga bisa diperiksa memakai sebuah program komputer dengan tujuan memperoleh informasi pada database.

Sedangkan pengertian database server yaitu sebuah aplikasi program komputer dengan menyediakan fasilitas database yang digunakan pada program komputer yang lainnya.

Dengan kata lain, database server ini merupakan program komputer dengan penyediaan layanan komputer maupun program aplikasi dengan basis data memakai model klien atau server.

Baca Juga : Tugas Komputer Server Adalah? ini Penjelasannya

Di mana istilah ini lebih merujuk pada perangkat komputer yang bertindak sebagai server yang telah didedikasikan agar bisa menjalankan aplikasi atau program yang berhubungan. Pada intinya, ada beberapa macam program database server yang perlu kita ketahui, sebagai berikut :

1. Oracle

Oracle disebut juga dengan relasional database Management system dengan tujuan sebagai pengelola informasi yang sifatnya terintegrasi, komprehensif daun terbuka.

Oracle server ini menawarkan solusi yang lebih efektif dan efisien sebab memiliki berbagai kemampuan, seperti menangani setiap basis data berukuran besar dan manajemen space besar, bisa bekerja pada lingkungan server/client, menjamin sebuah ketersediaan secara terkontrol, melakukan performasi dalam hal pemrosesan transaksi tinggi dan mendukung data akses dengan simultan.

2. MySQL

Program database server lainnya adalah MySQL, yang disebut juga sebagai perangkat lunak dalam sebuah system manajemen basis data SQL, atau bisa juga termasuk DNMS multi user, DNMS multithread, hingga sebanyak 6 juta instalasi yang ada di seluruh penjuru dunia. MySQL disponsori dan dimiliki oleh perusahaan komersial dari Swedia, yakni MySQL AB.

Baca Juga :  VPS adalah?? Simak Jawaban Berikut

Di mana, MySQL AB ini memiliki hak penuh atas hak cipta terhadap semua kode dari sumbernya. Adapun kelebihan penggunaan MySQL sebagai database server antara lain fasilitas kemudahan dalam Management database, MySQL bisa berkjalan lebih stabil untuk berbagai macam sistem operasi seperti halnya pada Mac OS X Server, Free BSD, Linux, Windows, Amiga, Solaris dan lainnya.

MySQL dapat didistribusikan melalui open source, dengan lisensi GPL hingga bisa dipakai secara gratis. Kelebihan lainnya dari MySQL adalah lebih fleksibel, tangguh dan stabil untuk berbagai pemrograman, dan sistem keamanan yang begitu baik dan juga mendukung transaksi.

3. Firebird

Firebird merupakan sejenis aplikasi dari Relational Database Management System dengan sifatnya yang open source. Firebird merupakan sebuah sistem manajemen pada basis data secara relasional dengan menawarkan beragai macam fitur dengan standar SQL 2003 dan ANSI SQL-99. Program database yang satu ini dapat berjalan dengan baik pada Windos, Linux hingga platform UNIX.

Program database ini dapat di maintain dan diarahkan FirebirdQAL Foundation. Firebird termasuk turunan pada Interbase dengan versi open Source yang dimiliki oleh Borland. Dengan demikian Firebid dan Interbase memiliki Core sama, sebab keduanya dikembangkan sama-sama oleh Borland. Adapun kelebihan dari program database server Firebid ini adalah :

• Firebird dapat melakukan replikasi, adapun teknik replikasi ini sama seperti pada konsep trigger untuk memonitor delete atau update menuju database dan operasi insert.

• Firebird mendukung multiple data, di mana Anda bisa memakai beberapa file berbentuk Single Logic Database.

• Perangkat lunak untuk melakukan administrasi lebih mudah didapatkan sebab ada banyak softare yang bisa melakukan administrasi database firebid. Adapun contohnya ISQL, IB Manafer, FBManager, EMS IB Manager dan lain sebagainya.

Nah, itulah ulasan dari pakar seo indonesia mengenai pengertian database server dan macam-macam program operasi database server.

Nilai Kualitas Konten