VPS adalah?? Simak Jawaban Berikut

Mengenal Lebih Jauh Tentang VPS

Virtual Private Server atau yang biasa disingkat dengan VPS mungkin masih awam untuk sebagian orang. Maka dari itu, pada artikel kali ini penulis akan menjelaskan sedikit tentang apa itu VPS. VPS adalah sebuah cara untuk membagi sumber daya sebuah physical server menjadi server virtual atau yang tidak nyata. Selain itu VPS juga disebut dengan nama VDS atau Virtual Dedicated Server.
VPS yang satu dengan VPS yang lain bekerja secara terpisah, karena setiap VPS bekerja dengan cara mengakses spesifikasi dari server utamanya.

VPS Hosting

Akan tetapi server utama tetap tidak terganggu kinerjanya. Sama seperti komputer pada umumnya, VPS bisa menghapus, menambahkan, menggandakan, memindahkan, dan sebagainya file yang ada di dalamnya. Di dalam VPS kita juga bisa menginstal software atau aplikasi layaknya kita menginstal di komputer kita.

VPS adalah sebuah server virtual yang berjalan di bawah sistem operasi dari penyedia layanan VPS. VPS memungkinkan sebuah hardware atau server yang berkapasitas besar dibagi menjadi beberapa server virtual.

Baca Juga : 5 Tips Menyewa VPS

Jika sulit membayangkannya, VPS ini cara kerjanya sama seperti ketika kita menjalankan sebuah sistem operasi menggunakan VirtualBox dari komputer kita. Untuk yang belum tahu apa itu VirtualBox, ini adalah sebuah software atau aplikasi yang digunakan untuk menginstal sebuah sistem operasi lain (karena sebelumnya sudah ada sistem operasinya) di dalam komputer kita.
Supaya lebih paham lagi, penulis akan memberikan gambaran yang lebih jelas lagi.

Jadi VPS adalah ketika kita memiliki sebuah komputer (CPU) dengan kapasitas yang besar seperti prosesor, memory, storage, dan sebagainya, lalu disewakan dengan spesifikasi yang ditentukan kepada orang lain yang berada di tempat lain menggunakan koneksi internet.
Jadi dengan demikian, seseorang yang ada di negara lain pun bisa mengakses spesifikasi dari komputer kita karena mereka menyewa spesifikasi komputer kita.

Baca Juga :  Tips Memilih VPS Indonesia

Untuk mengendalikan VPS pun sangat mudah. Jika komputer tentu tidak akan bisa dibawa kemana-mana, kecuali kalau Anda pindah rumah. Laptop pun jika dibawa kemana-mana pasti akan terasa berat. Tetapi dengan menggunakan VPS, tanpa membawa komputer pun kita tetap bisa mengakses komputer virtual kita dimanapun kita berada.

Dengan syarat, ada komputer dan koneksi internet, misalnya di warnet, sekolah, atau kantor. Untuk bisa mengakses VPS dari komputer lain, dibutuhkan software atau aplikasi Remote Access Desktop atau pengendali jarak jauh. Biasanya Anda membutuhkan aplikasi seperti Putty untuk OS Windows atau Terminal untuk OS Linux.

Lalu apa fungsi VPS?

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan VPS ini. Terutama jika Anda memiliki website. VPS bisa Anda gunakan sebagai web server website Anda,seperti e-commerce, company profil, dan sebagainya. Sebagai server, Anda bisa menyimpan file atau data ke storage server melalui FTP ataupun HTTP.

Karena VPS ini berjalan secara otomatis selama 24 jam tanpa henti, kita bisa menjalankan software atau aplikasi yang memang harus dijalankan tanpa henti, misalnya seperti software forex. Jika Anda pernah mendengar istilah Rapidleech, Torrentleech, Proxy Server, atau DNS Name Server, itu juga bisa dilakukan menggunakan VPS.

Jadi jika disimpulkan, VPS adalah sebuah cara membagi atau mempartisi daya yang berasal dari satu server nyata, menjadi beberapa server virtual. Bagaimana? Sekarang sudah paham kan tentang apa itu VPS atau Virtual Private Server?

Nah, itu tadi adalah Artikel dari Kami, Jasa SEO Tentang Apa Itu VPS?? Semoga Artikel Review Apa Itu VPS?? Ini bermanfaat.

Nilai Kualitas Konten