Mengenal Berbagai Jurusan Di Sekolah Penerbangan

Pengatur lalu lintas udara

Apakah anda berkeinginan untuk melanjutkan studi di sekolah penerbangan? Sekolah penerbangan memang menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang suka dengan dunia penerbangan yang akan memberikan prospek masa depan yang cerah. Di Indonesia sendiri terdapat cukup banyak sekolah penerbangan yang bisa anda pilih sesuai dengan minat anda masing-masing. Selain memilih sekolah penerbangan yang tepat, anda juga perlu untuk memilih jurusan di sekolah penerbangan yang tepat.

 Pengatur lalu lintas udara

Ya, memilih jurusan adalah hal yang krusial untuk masa depan pendidikan anda. Dalam hal ini, seringkali terjadi salah kaprah yang menyatakan bahwa sekolah penerbangan adalah sekolah untuk menjadi seorang pilot. Padahal, disekolah penerbangan sendiri terdapat beberapa jurusan yang berbeda yang tentu saja akan menghasilkan sumber daya manusia dengan beragam kompetensi. Mari kita lihat beberapa jurusan yang ada pada sekolah penerbangan secara umum.

Beragam jenis jurusan di sekolah penerbangan

Penting bagi anda untuk mengenal beberapa jenis jurusan yang ada pada sekolah penerbangan. Ya, hal ini cukup beralasan karena dengan memilih jurusan yang tepat pada sekolah penerbangan maka anda akan bisa mengembangkan minat serta bakat anda dengan lebih maksimal. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mendaftar di sekolah penerbangan, ada baiknya kita menyimak beberapa jenis jurusan yang ada. Adapun beberapa jurusan tersebut adalah sebagai berikut.

Jurusan Penerbang

Jenis jurusan pertama yang pada umumnya ada pada sekolah penerbangan adalah jurusan penerbang. Jurusan ini merupakan jurusan yang sangat tepat untuk anda yang ingin menjadi seorang pilot. Profesi pilot memang masih menjadi salah satu jenis profesi yang didambakan. Selain terlihat keren, profesi ini memiliki salary atau gaji yang cukup tinggi dan tentu saja bisa membuat masa depan anda akan lebih menyenangkan.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada dua sekolah pilot kedinasan. Sekolah ini berada di bawah naungan BPSDM Kementrian Perhubungan. Adapun sekolah yang dimaksud adalah STPI di Curug dan sekolah di Banyuwangi. Tentu, memilih satu dari kedua jenis sekolah ini merupakan pilihan utama karena masih ada hubungan dinas dengan kementrian terkait.

Namun, tentu saja, untuk masuk ke salah satu jurusan favorite di sekolah penerbangan ini anda harus menjalani serangkaian tes yang cukup ketat. Tes terdiri dari seleksi akademik, tes kesempatan, tes kesehatan organ, tes psikologi, tes kesehatan fisik, tes wawancara serta administrasi. Hanya mereka yang berhasil melalui serangkaian tes inilah yang akan diterima menjadi siswa.

Jurusan Manajemen Transportasi Udara

Jurusan lain terkait tentang penerbangan adalah MTU atau Manajemen Transportasi Udara. Ini merupakan salah satu jurusan di sekolah penerbangan yang juga menjadi favorite dan banyak dipilih oleh siswa. Selain itu, lulusan MTU juga banyak dicari oleh kelembagaan terkait.

Baca Juga :  Membantu Anda Mengetahui Keuangan Pribadi

Untuk dapat masuk di jurusan ini, tentu anda juga akan menghadapi serangkaian tes yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Meskipun secara umum tes yang diselenggarakan tidak jauh berbeda, namun tingkatan tes yang diselenggarakan oleh jurusan MTU ini tidak terlalu ketat dan lebih longgar daripada jurusan penerbangan.

Sedangkan untuk prospek ke depan, lulusan MTU bisa bekerja di beragam jenis manajemen keudaraan, terutama pada perusahaan Angkasa Pura I dan II pada bagian AMC, AVSEC, maupun Marshalling. Untuk urusan gaji, lulusan ini memiliki gaji di atas UMR daerah.

Jurusan Air Traffic Controller

Selain dua jurusan di atas, ada pula jurusan air traffic controller pada sekolah penerbangan yang bisa anda pilih. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan di sekolah penerbangan yang cukup diminati siswa terutama bagi mereka yang bercita-cita ingin menjadi pengatur perjalanan pesawat. Jurusan ini termasuk dalam bidang keselamatan penerbangan.

Menarik memang untuk menyimak jurusan yang satu ini karena fungsinya yang sangat penting demi kelancaran penerbangan dan pengaturan bandara. Dalam jurusan ini, bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang harus dikuasai. Oleh karena itu, siapkan skill bahasa Inggris anda sebelum mendaftar pada jurusan ini di sekolah penerbangan.

Tes masuk untuk jurusan ini termasuk sama dengan jurusan yang lain. Hanya saja, sebagaimana yang sudah disinggung di awal, kecakapan bahasa Inggris menjadi hal yang lebih diutamakan dalam jurusan ini. Sampai hari ini, slot pegawai dari jurusan ini masih tergolong kurang. Oleh karena itu, anda memiliki peluang yang besar untuk bekerja di Kementrian terkait jika berhasil masuk di jurusan ini.

Jurusan Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara

Bagi anda suka dengan peralatan elektronika, salah satu jurusan di sekolah penerbangan yang bisa anda pilih adalah jurusan teknik telekomunikasi dan navigasi udara atau sering disingkat dengan TNU. Seperti namanya, jurusan ini memiliki fokus pada hal telekomunikasi dan juga navigasi udara yang akan membantu mengamankan pesawat saat beroperasi.

Untuk masuk pada jurusan ini, tes standard semi militer akan diberlakukan. Namun, tentu, jurusan ini tidak mengikuti tes ketat sebagaimana yang diterapkan pada jurusan penerbangan. Prospek ke depan dari jurusan ini cukup terang karena ada beberapa bagian pekerjaan yang dapat diisi, seperti perawatan sistem elektronik pesawat, perbaikan sistem elektronik, maintenance peralatan eletronik bandara, dan lainnya. Untuk masalah gaji, lulusan dari salah satu jurusan terbaik di sekolah penerbangan akan mendapatkan gaji di atas UMR daerah.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa sebenarnya ada banyak jurusan di sekolah penerbangan yang bisa anda pilih. Selain dari beberapa jurusan di atas, anda juga bisa memilih jurusan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us